Memperbaiki Prototype Belanja, Stok Persediaan, Penyesuaian Stok Persediaan dan Konversi Wlijo di Figma
Pengertian Prototype
Definisi umum dari prototype adalah sebuah skema rancangan sistem yang membentuk model dan standar ukuran atau skalabilitas yang akan dikerjakan nantinya. Setiap pengembang maupun pengguna dapat berinteraksi langsung dengan model tersebut tanpa harus membuat produk nyatanya.
Sistem prototipe yang dibangun, menyesuaikan dengan kebutuhan awal development software untuk mengetahui beberapa fitur dan fungsi yang telah didefinisikan sebelumnya. Sehingga mampu mengetahui kesalahan lebih awal sebelum mengimplementasikan dan merilis produk secara keseluruhan.
Tujuan Penggunaan Prototype
Lantas, apa tujuan sebenarnya dari pembuatan sebuah prototype? Tujuan utamanya adalah supaya produk yang akan dirilis sesuai dengan permintaan user atau pasar. Sehingga, peran dari prototipe sendiri adalah menjadi penghubung antara produsen dan konsumen untuk dapat mewujudkan produk berupa perangkat lunak yang sesuai dan tepat guna.
Selain itu, dengan adanya prototipe sendiri mampu menghemat biaya produksi dan tidak memerlukan proses “trial and error”. Sehingga dapat mengurangi waktu pengerjaan dan beban biaya yang harus dikeluarkan oleh tim developer.
Metode Prototyping
Selanjutnya, anda juga harus mengenal tahapan dari metode prototyping yang dilakukan oleh tim desainer.
- Melakukan pengumpulan informasi dan observasi awal
- Membuat prototype berdasarkan hasil analisa yang diperoleh
- Melaksanakan proses evaluasi terhadap prototipe yang berhasil dibuat
- Melakukan pengujian (testing) terhadap produk prototype yang telah dibuat
- Melaksanakan pengujian ulang terhadap sistem sebelum masuk pada perilisan prototipe
- Mengujicobakan sistem prototyping kepada user dan stakeholders terkait
Design Protoype "Rencana Belanja" Wlijo
Design Protoype "Realisasi Belanja" Wlijo
Design Protoype "Validasi Belanja" Wlijo
Design Protoype "Stok Persediaan" Wlijo
Design Protoype "Penyesuaian Stok Persediaan" Wlijo
Design Protoype "Konversi" Wlijo
Kesimpulan
- Prototype merupakan proses perancangan sistem tampilan desain yang dibuat sebagai contoh untuk mengembangkan produk sebagai gambaran bagi pengguna secara langsung.
- Melakukan tahapan metode prototyping secara runtut agar maksimal desain yang dihasilkan.
- Lebih bijaklah dalam membuat sebuah prototyping dengan menyesuaikan kompleksitas proyek dan lama waktu yang diberikan oleh customer.
Komentar
Posting Komentar