Langsung ke konten utama

Design Sprint Alur Fitur Dari Wlijo

Design Sprint Fitur Wlijo

    Wlijo adalah platform yang menghubungankan antara petani, pedagang sayur dan konsumen melalui aplikasi belanja sayur online. Saat ini wlijo masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan. Untuk membantu proses pengembangan wlijo agar bisa selesai sesuai waktu yang ditargetkan diperlukannya sebuah metode efektif yakni metode design sprint.

Apa Itu Metode Desain Sprint ?

    Design sprint merupakan sebuah metode 5 langkah kerja untuk membantu perusahaan agar dapat membuat suatu produk berdasarkan design thinking dengan waktu lima hari. Design thinking sendiri merupakan proses yang mencakup proses strategis, kognitif, dan praktis. Design sprint sendiri dibuat pada tahun 2010 oleh seseorang yang berasal dari Google Venture bernama Jake Knapp. Sampai saat ini, sudah banyak perusahaan yang memakai design tersebut sampai keseluruh dunia.

    Konsep kerjanya yaitu menggunakan waktu selama lima hari untuk membangun suatu produk. Waktu lima hari tersebut digunakan tiap anggota yang berada dalam suatu tim untuk berdiskusi bersama dengan tujuan mendapatkan suatu gagasan yang selanjutnya bisa digunakan untuk menjalankan proyek selanjutnya. 

Hasil Design Sprint Fitur wlijo 

  • Home

    Fitur yang pertama yaitu Home yang menjadi fitur utama dan memiliki fitur tambahan seperti daftar, masuk, pencarian, kategori, lokasi user, cara kerja wlijo, blog, keranjang, jadi mitra, profil, about dan syarat ketentuan wlijo. dari fitur fitur tersebut tentunya menjadi fitur utama pada aplikasi wlijo namun fitur tersebut bisa saja berubah dengan menyesuaikan kebutuhan yang ada di lapangan, namun ada juga beberapa alur yang akan di implementasikan pada aplikasi. disini home menjadi fitur utama yang akan tampil diawal karena fitur daftar dan masuk akan di akses jika user akan melakukan transaksi dan berikut ini adalah penjelasan beberapa fitur lainya. 


  • Daftar dan Masuk


    Fitur daftar disisni akan diakses bagi pengguna baru yang akan melakukan transaksi pada aplikasi wlijo serta pada fitur daftar berisi nama, no hp, dan password yang harus dimasukan oleh konsumen, pada fitur masuk di peruntukan pengguna yang telah terdaftar yang akan masuk kembali pada aplikasi ataupun  melakukan transaksi yang berisikan no hp/email dan password agar bisa mengakses aplikasi.



  • Kategori


    Fitur kategori disini berfungsi untuk membilih produk yang di inginkan dengan dengan mudah karena pada fitur kategori ini semua produk akan di kelompokan berdasarkan jenisanya serta adapun fitur pendukung seperti promo dan rekomendasi produk.


  • Blog

    Fitur blog berfungsi sebagai media informasi bagi konsumen maupun mitra karena ada beberapa pengelompokan informasi yang terdapat pada blok yaitu informasi produk, news/berita, tips & trik, resep yang sudah bisa memberi manfaat yang banyak bagi pengguna aplikasi.


  • Keranjang


    Fitur keranjang berfungsi untuk melihat produk yang sudah di pesan apakah sudah masuk atau belum dan tentunya pada fitur ini pengguna bisa melakukan oenambahan dan pengurangan produk sesuai keinginan pengguna dan apabila produk yang ditampilkan sudah sesuai maka bisa di lakukan pembelian/cek out.


  • Profil

    Pada fitur profil ini pengguna bisa melakukan beberapa hal dan juga bisa mendapatkan beberapa hadiah jika sudah melakukan transaksi dan adapun beberapa fitur meliputi akun, point, voucer, dompet, setting, transaksi, notifikasi, bantuan, logout, jadi mitra dari beberapa fitur tersebut diyakini sudah sesuai dengan kebutuhan dan tentunya bagi calon mitra bisa mendaftar atau masuk bisa melalui fitur profil ini sehingga pengguna merasa lebih nyaman untuk menggunakan aplikasi.


  • Mitra
    
    Fitur jadi mitra menjadi titik point yang penting karena mitra menjadi pemasok sekaligus penjual produk yang berada pada aplikasi dan adapun beberapa fitur yang terdapat pada mitra yakni akun, produk, transaksi, rating, dompet, pesan, laporan, logout. dari beberapa fitur tersebut tentunya sudah lebih dari cukup untuk melakukan kontorol penuh pada penjualan produk yang dilakukan oleh mitra.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Halaman Profil Konsumen Dengan NextJS & Bulma

Apa itu Next.js?  Next.js merupakan sebuah React framework yang dibentuk buat mengatasi kasus client-side rendering yang dimiliki React. Sebuah halaman website yang dibentuk memakai React ‘terasa ringan’ lantaran tampilan website sangat interaktif.  Selain itu, ketika data berubah, React menggunakan efisien akan mengupdate bagian menurut halaman website yang memang perlu diupdate tanpa perlu reload satu halaman penuh.  Untuk menerima itu seluruh, client wajib load seluruh file JavaScript sebelum konten halaman ditampilkan. apabila file JS relatif akbar maka ketika yang diperlukan buat load pertama kali pula sebagai lebih lama.  Masalah lain menurut client-side rendering merupakan SEO, terdapat kemungkinan web crawler berusaha mengindex halaman yang belum terselesaikan dirender sepenuhnya (lantaran ketika load yang lama). Dan menduga web tadi blank.  Kedua kasus diatas bisa diselesaikan menggunakan teknik pre-rendering. Yaitu halaman HTML dan file JavaScript pada...

Membuat Database Menggunakan Aplikasi Excel ~ Part 4

Pengertian Normalisasi Database Normalisasi database adalah proses pengelompokan atribut data yang membentuk entitas sederhana, nonredundant, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Sehingga dapat dipastikan bahwa database yang dibuat berkualitas baik. Tujuan Normalisasi Database Tujuan utama dari normalisasi database adalah: Menghilangkan dan mengurangi redudansi data. Memastikan dependensi data (data berada pada tabel yang tepat). Jika sebuah database belum dinormalisasi, kemungkinan terburuk yang akan merugikan sistem adalah: INSERT Anomali Situasi dimana tidak memungkinkan untuk memasukkan beberapa jenis data secara langsung di database. UPDATE Anomali Situasi dimana nilai yang diubah mengakibatkan ketidakkonsistenan database, artinya data yang diubah tidak sesuai dengan yang diinginkan. DELETE Anomali Penghapusan data tidak sesuai yang diharapkan, artinya data yang seharusnya tidak terhapus malah terhapus. Pada proses normalisasi terhadap tabel pada database dapat dilakukan dengan tiga ...