Langsung ke konten utama

Mengasah Keterampilan di HackerRank.com - Part 2 (If-Else)

HackerRank adalah platform yang bisa kita gunakan untuk mengasah kemampuan pemrograman kita. Selain pemrograman, kita juga bisa belajar tentang database, keamanan, sistem terdistribusi, dll. Jelas, semua ini ada hubungannya dengan pemrograman. 

Di HackerRank, seperti kebanyakan juri online, kami dapat mengatasi banyak tantangan. Dari tingkat mudah hingga ahli. Ada begitu banyak tantangan yang tersedia sehingga kita tidak akan pernah bosan. Kompetisi atau kontes diadakan secara berkala dan beberapa di antaranya menawarkan harga yang menarik. buat kontes "kecil" kami menggunakan fungsi HackerRank. 

Faktanya, masih ada langit di atas langit, jadi jangan pernah puas dengan pengetahuan yang telah kita peroleh. Terus tingkatkan dan kembangkan lagi, inilah tampilan pertama HackerRank.com:

Pada gambar diatas terdapat tampilan pertama HackerRank.com, pada halaman ini anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan yang saat ini dibutuhkan untuk bisnis atau developer, bagi anda yang ingin belajar bisa memilih untuk developer.

Pada gambar diatas terdapat tampilan awal setelah masuk ke homepage, disini anda dapat memulai berbagai pilihan pembelajaran bahasa pemrograman yang dapat anda pilih sesuka hati jika ingin memulai, kali ini saya akan mencoba contoh pembelajaran python di bagian If-Else. 

Pada gambar diatas terdapat urutan pembelajaran menggunakan berbagai kasus wajib yang harus diselesaikan. Untuk memulai, Anda dapat langsung mengklik selesaikan tantangan. Pada setiap langkah, masih ada kasus yang harus diselesaikan, seperti pada contoh berikut: 

Tugas

Diberikan bilangan bulat, n, lakukan tindakan bersyarat berikut:
  • Jika n aneh, cetak Weird
  • Jika n genap dan dalam kisaran inklusif dari 2 ke 5, cetak Not Weird
  • Jika n genap dan dalam kisaran inklusif dari 6 ke 20, cetak Weird
  • Jika n genap dan lebih besar dari 20, cetak Not Weird

Masukkan format

Satu baris berisi bilangan bulat positif, n.

Kendala

  • 1 ≤ n ≤ 100

Format output

Cetak Weird jika nomornya aneh. Jika tidak, cetak Not Weird.

Contoh Masukan 0

3

Contoh Keluaran 0

Aneh

Penjelasan 0

n = 3
n ganjil dan bilangan ganjil itu aneh, jadi print Weird.

Contoh Masukan 1

24

Contoh Keluaran 1

Tidak Aneh

Penjelasan 1

n = 24
n > 20  dan n genap, jadi tidak aneh.

Code Python

#!/bin/python

import math
import os
import random
import re
import sys

if __name__ == '__main__':
    n = int(raw_input().strip())
if n % 2 == 1:
    print("Weird")
elif n % 2 == 0 and n in range(2,6):
    print("Not Weird")
elif n % 2 == 0 and n in range(6,21):
    print("Weird")
elif n % 2 == 0 and n>20:
    print("Not Weird")

Setelah pengkodean seperti di atas, lalu klik "jalankan kode" untuk memeriksa apakah pengkodean kita benar atau tidak. Akan muncul tanda “konfirmasi” jika sudah benar dan akan muncul “kesalahan” jika masih salah. Selain itu, dapat dikirim dengan mengklik "kirim kode" untuk menyelesaikan mengerjakan studi kasus If-Else.

Gambar di atas adalah output berdasarkan kasus yang telah dilakukan. jika sudah selesai bisa lanjut ke langkah selanjutnya



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Halaman Profil Konsumen Dengan NextJS & Bulma

Apa itu Next.js?  Next.js merupakan sebuah React framework yang dibentuk buat mengatasi kasus client-side rendering yang dimiliki React. Sebuah halaman website yang dibentuk memakai React ‘terasa ringan’ lantaran tampilan website sangat interaktif.  Selain itu, ketika data berubah, React menggunakan efisien akan mengupdate bagian menurut halaman website yang memang perlu diupdate tanpa perlu reload satu halaman penuh.  Untuk menerima itu seluruh, client wajib load seluruh file JavaScript sebelum konten halaman ditampilkan. apabila file JS relatif akbar maka ketika yang diperlukan buat load pertama kali pula sebagai lebih lama.  Masalah lain menurut client-side rendering merupakan SEO, terdapat kemungkinan web crawler berusaha mengindex halaman yang belum terselesaikan dirender sepenuhnya (lantaran ketika load yang lama). Dan menduga web tadi blank.  Kedua kasus diatas bisa diselesaikan menggunakan teknik pre-rendering. Yaitu halaman HTML dan file JavaScript pada...

Membuat Database Menggunakan Aplikasi Excel ~ Part 4

Pengertian Normalisasi Database Normalisasi database adalah proses pengelompokan atribut data yang membentuk entitas sederhana, nonredundant, fleksibel, dan mudah beradaptasi. Sehingga dapat dipastikan bahwa database yang dibuat berkualitas baik. Tujuan Normalisasi Database Tujuan utama dari normalisasi database adalah: Menghilangkan dan mengurangi redudansi data. Memastikan dependensi data (data berada pada tabel yang tepat). Jika sebuah database belum dinormalisasi, kemungkinan terburuk yang akan merugikan sistem adalah: INSERT Anomali Situasi dimana tidak memungkinkan untuk memasukkan beberapa jenis data secara langsung di database. UPDATE Anomali Situasi dimana nilai yang diubah mengakibatkan ketidakkonsistenan database, artinya data yang diubah tidak sesuai dengan yang diinginkan. DELETE Anomali Penghapusan data tidak sesuai yang diharapkan, artinya data yang seharusnya tidak terhapus malah terhapus. Pada proses normalisasi terhadap tabel pada database dapat dilakukan dengan tiga ...

Design Sprint Alur Fitur Dari Wlijo

Design Sprint Fitur Wlijo      Wlijo adalah platform yang menghubungankan antara petani, pedagang sayur dan konsumen melalui aplikasi belanja sayur online. Saat ini wlijo masih dalam tahap pengembangan dan perbaikan. Untuk membantu proses pengembangan wlijo agar bisa selesai sesuai waktu yang ditargetkan diperlukannya sebuah metode efektif yakni metode design sprint. Apa Itu Metode Desain Sprint ?     Design sprint merupakan sebuah metode 5 langkah kerja untuk membantu perusahaan agar dapat membuat suatu produk berdasarkan design thinking dengan waktu lima hari. Design thinking sendiri merupakan proses yang mencakup proses strategis, kognitif, dan praktis. Design sprint sendiri dibuat pada tahun 2010 oleh seseorang yang berasal dari Google Venture bernama Jake Knapp. Sampai saat ini, sudah banyak perusahaan yang memakai design tersebut sampai keseluruh dunia.      Konsep kerjanya yaitu menggunakan waktu selama lima hari untuk membangun suatu ...