Langsung ke konten utama

Design Prototype Wlijo Page Home

Pengertian Prototype

    Definisi umum dari prototype adalah sebuah skema rancangan sistem yang membentuk model dan standar ukuran atau skalabilitas yang akan dikerjakan nantinya. Setiap pengembang maupun pengguna dapat berinteraksi langsung dengan model tersebut tanpa harus membuat produk nyatanya. 

    Sistem prototipe yang dibangun, menyesuaikan dengan kebutuhan awal development software untuk mengetahui beberapa fitur dan fungsi yang telah didefinisikan sebelumnya. Sehingga mampu mengetahui kesalahan lebih awal sebelum mengimplementasikan dan merilis produk secara keseluruhan.

Tujuan Penggunaan Prototype

    Lantas, apa tujuan sebenarnya dari pembuatan sebuah prototype? Tujuan utamanya adalah supaya produk yang akan dirilis sesuai dengan permintaan user atau pasar. Sehingga, peran dari prototipe sendiri adalah menjadi penghubung antara produsen dan konsumen untuk dapat mewujudkan produk berupa perangkat lunak yang sesuai dan tepat guna. 
    Selain itu, dengan adanya prototipe sendiri mampu menghemat biaya produksi dan tidak memerlukan proses “trial and error”. Sehingga dapat mengurangi waktu pengerjaan dan beban biaya yang harus dikeluarkan oleh tim developer.

Jenis – Jenis Prototipe pada UX Design

    Prototipe sendiri sangat erat kaitannya dengan penyusunan UX Design. Dimana model akhir dari pengembangan UX (User Experience) adalah sebuah prototype. Berikut merupakan beberapa jenis dari model prototipe berdasarkan UX Design.

  • Sketch
    Sketch atau sketsa merupakan gambar yang dapat dibuat dengan menggunakan pensil atau bantuan alat tulis lain dalam sebuah kertas, tanpa membutuhkan biaya yang mahal. Mayoritas, sketch digunakan untuk tahap pembuatan desain awal untuk perancangan suatu produk. 
    Sketsa sendiri berfungsi untuk mengetahui beberapa kelemahan dari desain yang dapat menimbulkan permasalahan dari sisi pengalaman bagi pengguna. Sketch juga termasuk ke dalam contoh prototipe low – fidelity. Yang mana, desainer dapat merekayasa ulang proyek desain secara cepat dengan biaya yang lebih murah. 

  • Wireframe
    Wireframe merupakan konsep yang berpusat pada penyusunan tata letak desain, dan di dalamnya terdapat unsur elemen berupa konten. Sebagian besar model wireframe menggunakan skala berwarna abu – abu dan hitam. 
    Jenis ini juga termasuk ke dalam low – fidelity, dimana pembuatan sketsa dapat dilakukan dengan bantuan tool seperti Whimsical, Balsamiq, Figma, dan lainnya. Proses wireframing sendiri tidak memerlukan waktu yang lama, sehingga tim desainer pada umumnya menerapkannya untuk kebutuhan proyek yang ringan. 

  • Mockup
    Jenis yang terakhir adalah mockup, yaitu desain yang sepenuhnya dibuat berdasarkan kombinasi warna, tata letak, tipografi, dan konten di dalamnya. Mockup sendiri dapat merepresentasikan produk akhir secara lebih jelas dan tampak nyata. 
    Mockup juga termasuk ke dalam high – fidelity, dimana proses pembuatan akan memakan waktu lebih lama daripada kedua jenis sebelumnya. Namun, hasil yang diperoleh lebih spesifik untuk dapat memberikan contoh produk yang mendekati kebutuhan dari user.

Metode Prototyping

    Selanjutnya, anda juga harus mengenal tahapan dari metode prototyping yang dilakukan oleh tim desainer.
  • Melakukan pengumpulan informasi dan observasi awal
  • Membuat prototype berdasarkan hasil analisa yang diperoleh
  • Melaksanakan proses evaluasi terhadap prototipe yang berhasil dibuat
  • Melakukan pengujian (testing) terhadap produk prototype yang telah dibuat
  • Melaksanakan pengujian ulang terhadap sistem sebelum masuk pada perilisan prototipe
  • Mengujicobakan sistem prototyping kepada user dan stakeholders terkait

Contoh Prototype

    Berikut ini merupakan beberapa contoh dari pembuatan sistem prototype dalam membangun produk aplikasi.
  • Paper Prototyping
    Merupakan contoh desain yang dibuat dengan bantuan media kertas dan alat tulis seperti pensil atau bolpoin secara sederhana. Hasil akhir dari desain produk tersebut mampu memberikan beberapa opsi terkait kekurangan dari sisi tampilan maupun fungsionalitas produk.

  • Low Fidelity
    Contoh yang kedua, pengguna dapat berinteraksi secara langsung dengan desain. Namun, tampilan yang diberikan masih berupa sketsa dengan dominan warna hitam atau abu – abu saja. Namun sudah dapat memberikan gambaran terkait jalannya proses interaksi melalui beberapa elemen yang ditampilkan.

  • High Fidelity
    Untuk contoh yang terakhir, merupakan desain dengan tampilan visual yang lebih kompleks dan dapat merepresentasikan produk dari sisi UI dengan memadukan pengalaman pengguna yang lebih nyaman dan baik. 

Manfaat yang Diperoleh

    Banyak sekali manfaat dan keuntungan yang mampu diperoleh dari pemanfaatan sistem prototyping, diantaranya adalah sebagai berikut.
  • Mampu Mengetahui Kebutuhan Pengguna Lebih Awal
    Manfaat yang pertama, dengan penerapan prototipe maka tim pengembang dan desainer mampu mengetahui apa saja prioritas kebutuhan dari user agar menciptakan produk yang lebih sesuai. Sehingga proses pengembangan lebih cepat dan dapat menyesuaikan deadline yang diberikan oleh klien.

  • Dapat Menghemat Biaya Pengembangan Produk
Keuntungan yang kedua, mampu menghemat dan mengurangi biaya pengembangan seminimal mungkin. Sehingga, alokasi pendanaan dapat digunakan untuk kebutuhan yang lain. 

  • Mendapatkan Gambaran secara Lebih Konkret
Manfaat yang terakhir, dengan adanya prototype maka dapat memberikan gambaran yang lebih nyata dan konkret dengan membuat tampilan sketsa baik secara low ataupun high fidelity.

Hasil Design Protoype Wlijo Page Home 

    Design prototype saya pada halaman home ini didominasi warna hijau, yang dimana warna hijau lebih menggambarkan tentang sayur mayur. Fitur pada bagian navbar atas berisikan button About, Jadi mitra, Cara kerja Wlijo, Blog, Daftar dan Login. Pada navbar selanjutnya terdapat Logo, Pencarian produk, Lokasi pengiriman, Keranjang dan Profil. Dibawahnya terdapat banner Wlijo yang dapat bergeser otomatis atau bisa juga digeser manual dan bagian bawah selanjutnya berisikan Kategori produk. Pada bagian paling bawah terdapat produk yang sedang Promo dan disertai button Beli.

Kesimpulan

  • Prototype merupakan proses perancangan sistem tampilan desain yang dibuat sebagai contoh untuk mengembangkan produk sebagai gambaran bagi pengguna secara langsung. 
  • Jenis yang dapat disajikan adalah sketch, wireframe, dan mockup. Dimana setiap bentuk desain tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing.
  • Lebih bijaklah dalam membuat sebuah prototyping dengan menyesuaikan kompleksitas proyek dan lama waktu yang diberikan oleh customer.


Referensi :

https://sekawanstudio.com/apa-itu-prototype/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Halaman CheckOut Dengan NextJS & Bulma

Apa itu Next.js?  Next.js merupakan sebuah React framework yang dibentuk buat mengatasi kasus client-side rendering yang dimiliki React. Sebuah halaman website yang dibentuk memakai React ‘terasa ringan’ lantaran tampilan website sangat interaktif.  Selain itu, ketika data berubah, React menggunakan efisien akan mengupdate bagian menurut halaman website yang memang perlu diupdate tanpa perlu reload satu halaman penuh.  Untuk menerima itu seluruh, client wajib load seluruh file JavaScript sebelum konten halaman ditampilkan. apabila file JS relatif akbar maka ketika yang diperlukan buat load pertama kali pula sebagai lebih lama.  Masalah lain menurut client-side rendering merupakan SEO, terdapat kemungkinan web crawler berusaha mengindex halaman yang belum terselesaikan dirender sepenuhnya (lantaran ketika load yang lama). Dan menduga web tadi blank.  Kedua kasus diatas bisa diselesaikan menggunakan teknik pre-rendering. Yaitu halaman HTML dan file JavaScript pada...

Membuat Database dan Tabel Di MySql Workbench ~ Part 1

MySQL adalah salah satu  relational database management system  atau RDBMS yang populer di kalangan  programmer  merupakan salah satu  database  yang sudah berumur. Diciptakan oleh  Michael Widenius , pada akhirnya MySQL diakusisi oleh  Oracle  dan kini memiliki saudara yang bernama MariaDB. Meski begitu, MySQL masih banyak digunakan  developer  aplikasi selain itu kampus pun masih banyak mengajarkan  database  dengan menggunakan MySQL. Sudah saatnya memang kampus menggunakan MariaDB bila  aware  dengan  open source . Walaupun ada sedikit cerita diantara mereka berdua. Kita masih dapat menggunakan MySQL dan akan mudah berpindah ke MariaDB bila kita sudah siap. Sebagai contoh sekarang kita akan membuat sebuah  database  bioskop yang menangani aplikasi pembelian tiket film. Membuat Database Disini kamu tidak akan mempelajari bagaimana membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman tertentu. Kamu hanya ak...

Konsep Scale Up Platform Wlijo

     Menjadi orang awam dalam bidang pemrograman bukanlah hal yang memalukan jika ada keinginan belajar dan berkembang. Ada banyak langkah awal untuk memulai belajar pemrograman mulai dari belajar otodidak, kuliah, kursus, atau belajar online di website yang berbayar ataupun gratis.       Tuntutan industri yang serba online membuat kita untuk berlomba lomba belajar bahasa pemrograman sehingga banyak yang terjun langsung ke dalam jurang coding dengan memimpikan indahnya mempunyai startup besar seperti Tokopedia dan GoJek yang levelnya unicorn. Bahkan dengan mudahnya dapat memimpikan seorang investor yang siap bergabung dengan startup yang kita buat.       Tapi pernahkah kalian berfikir mulai dari mana harus belajar? Oke kita akan bahas dalam artikel ini, ada beberapa konsep pembelajaran dasar pengembangan yang digunakan platform wlijo untuk memulai belajar pemrograman. Konsep Algoritma Pemrograman      Untuk mulai terj...