Langsung ke konten utama

Riset Platform Website Blibli.com

Review Platform Blibli.com

        Blibli.com adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. Blibli bekerja sama dengan penyedia jasa teknologi, mitra logistik, perbankan serta mitra dagang dengan standar tertentu untuk menciptakan sistem back-end yang bisa memenuhi kebutuhan pengguna blibli. Blibli, berdiri tahun 2011, merupakan e-commerce buatan Indonesia dengan model bisnis yang fokus pada B2B, B2C, dan B2B2C (Business to Business to Consumer).

       Sebagai mall online terbesar dan terpercaya, Blibli menawarkan berbagai pilihan produk berkualitas yang disediakan oleh lebih dari 100.000 mitra usaha, mulai dari kebutuhan primer, produk elektronik termasuk gadget, kebutuhan sehari-hari hingga produk untuk keperluan gaya hidup. Kecepatan pengiriman di Blibli didukung oleh armada BES dan 15 mitra logistik, serta memiliki 20 gudang, dan 32 hub yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia.

    Dengan visi menjadi e-commerce nomor satu yang memiliki jumlah pelanggan setia terbanyak di Indonesia, Blibli berkomitmen untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan belanja melalui 24/7 layanan Customer Care, kepastian 15 hari pengembalian produk serta pilihan pembayaran yang lengkap dan aman kepada pelanggan.


Alur Blibli.com

  • Masuk ke akun Blibli.
  • Cari dan pilih produk yang diinginkan.
  • Klik “Beli sekarang” untuk langsung melanjutkan ke proses checkout atau klik “Tambah ke Bag” jika masih ingin menambah produk yang lain.
  • Kalau sudah selesai belanja, klik tombol “Checkout“.
  • Isi alamat pengiriman dan pilih jenis pengiriman yang kamu inginkan, lalu klik “Lanjut“.
  • Pilih metode pembayaran kemudian klik tombol Bayar sekarang“.
  • Lanjutkan ke proses Pembayaran.

Fitur - fitur

  • Kategori produk lengkap untuk semua kebutuhan

HP & Tablet, Kamera, Komputer, Elektronik, Rumah Tangga, Hobi & Mainan, Fashion Muslim, Fashion Pria, Fashion Wanita, Fashion Remaja, Kesehatan & Kecantikan, Perhiasan, Jam Tangan, Bliblimart, Ibu & Anak, Olahraga, Tiket & Voucher, Otomotif, Tur & Travel, Galeri Indonesia, serta Tagihan & Isi Ulang.

  • Cicilan 0% semua produk

Blibli menghadirkan fasilitas cicilan 0% untuk semua produk dengan tenor cicilan hingga 12 bulan.

  • Cicilan tanpa kartu kredit

Belanja lalu bayar pesanan dengan cicilan tanpa kartu kredit menggunakan Akulaku, Kredivo, Home Credit Indonesia, dan Vospay.

  • Gratis pengiriman ke seluruh Indonesia

Blibli memberikan layanan gratis pengiriman ke seluruh Indonesia.

  • Customer Care 24 jam 7 hari

Blibli menghadirkan layanan Customer Care 24/7 yang siaga membantu pelanggan dalam berkonsultasi atau bertanya seputar produk dan layanan blibli.

  • Jaminan pengembalian produk

Blibli memfasilitasi layanan pengembalian produk dengan batas waktu klaim 15 hari setelah produk kamu terima.

  • Sistem pembayaran yang mudah, aman, dan terpercaya

Menghadirkan pilihan metode pembayaran yang bervariasi dan aman bersertifikasi VeriSign dan Credit Card Fraud Detection System.

  • Promo

Beragam promo menarik di Blibli.

Kelebihan Blibli.com :

  • Gratis ongkir

Blibli menyediakan kupon gratis ongkir ke seluruh Indonesia kepada para pengguna agar para pembeli merasa puas belanja di Blili, supaya mereka saat ingin berbelanja tidak lagi terkendala di ongkos.

  • Packing aman

Keamanan tambahan di Blibli yaitu saat ada yang berbelanja barang elektronik, barang tersebut akan dipacking kayu agar barang elektronik tersebut tidak terjadi masalah saat pengiriman. Dan hal ini juga tidak menambah jumlah ongkos kirim.

  • Ada kupon diskon dan promo

Dengan adanya diskon dan promo maka hal ini akan menarik para pembeli yang mudah didapatkan dengan berbagai macam  nominal. Dan jika berlangganan di program newsletter Blibli, maka akan diberikan reward sebesar 100 ribu atau 2 buah kupon belanja.

  • Layanan baik

Blibli menyediakan customer service guna untuk menerima pertanyaan dari para pengguna.

  • Pelayanan customer service

Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar yang akan membuat si pembeli tidak merasakan kekecewaan. Cutomer service mudah dicari dan bisa bertanya mengenai masalah yang kita alami langsung melalui Livechat.

  • Harganya kompetitif

Jika dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, blibli menyediakan harga termurah jika sering mengecek stoknya, karena stok barang akan sering habis.

  • Berbagai produk yang ada di blibli

Blibli menyediakan berbagai produk untuk dijual, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan primer, produk elektronik, hingga produk gaya hidup.

Kekurangan Blibli.com :

  • Pengiriman lumayan lama

Blibli menggunakan pengiriman metode pick up yang berarti kurir yang akan mengambil barang dari si penjual. Hal ini membuat pengiriman menjadi lebih lama.

  • Notifikasi dan pemberitahuan

Blibli hanya akan mengirim pemberitahuan ketika awal pembelian dan konfirmasinya, dan tidak akan ada notifikasi selanjutnya. Maka saat membeli barang di blibli harus sering mengecek status barang secara manual.

  • Konfirmasi pembayaran cukup lama

Metode pembayaran yang digunakan di blibli adalah metode transfer yang akan memakan waktu sekitar 1 hari, dan jika si pembeli membayar di hari sabtu dan minggu maka akan memakan waktu lebih lama lagi.

  • System pembayaran manual

Hal ini belum tersedia di Blibli sehingga pihak blibli harus mempertimbangkan lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membuat Halaman CheckOut Dengan NextJS & Bulma

Apa itu Next.js?  Next.js merupakan sebuah React framework yang dibentuk buat mengatasi kasus client-side rendering yang dimiliki React. Sebuah halaman website yang dibentuk memakai React ‘terasa ringan’ lantaran tampilan website sangat interaktif.  Selain itu, ketika data berubah, React menggunakan efisien akan mengupdate bagian menurut halaman website yang memang perlu diupdate tanpa perlu reload satu halaman penuh.  Untuk menerima itu seluruh, client wajib load seluruh file JavaScript sebelum konten halaman ditampilkan. apabila file JS relatif akbar maka ketika yang diperlukan buat load pertama kali pula sebagai lebih lama.  Masalah lain menurut client-side rendering merupakan SEO, terdapat kemungkinan web crawler berusaha mengindex halaman yang belum terselesaikan dirender sepenuhnya (lantaran ketika load yang lama). Dan menduga web tadi blank.  Kedua kasus diatas bisa diselesaikan menggunakan teknik pre-rendering. Yaitu halaman HTML dan file JavaScript pada...

Membuat Halaman Profil Konsumen Dengan NextJS & Bulma

Apa itu Next.js?  Next.js merupakan sebuah React framework yang dibentuk buat mengatasi kasus client-side rendering yang dimiliki React. Sebuah halaman website yang dibentuk memakai React ‘terasa ringan’ lantaran tampilan website sangat interaktif.  Selain itu, ketika data berubah, React menggunakan efisien akan mengupdate bagian menurut halaman website yang memang perlu diupdate tanpa perlu reload satu halaman penuh.  Untuk menerima itu seluruh, client wajib load seluruh file JavaScript sebelum konten halaman ditampilkan. apabila file JS relatif akbar maka ketika yang diperlukan buat load pertama kali pula sebagai lebih lama.  Masalah lain menurut client-side rendering merupakan SEO, terdapat kemungkinan web crawler berusaha mengindex halaman yang belum terselesaikan dirender sepenuhnya (lantaran ketika load yang lama). Dan menduga web tadi blank.  Kedua kasus diatas bisa diselesaikan menggunakan teknik pre-rendering. Yaitu halaman HTML dan file JavaScript pada...

Fitur - fitur Yang Diinginkan Untuk Platform Wlijo

Sebelum membahas tentang fitur yang inginkan untuk platform Wlijo, anda perlu tahu apa sih Wlijo itu?           Wlijo merupakan layanan belanja sayur yang mudah dengan kualitas sayur fresh, higenis, dan tahan lama. Serta menjamin kesehatan dan kesejahtraan konsumen.Untuk mendukung hal tersebut maka kami akan menjalin kerjasama ke petani, pedagang sayur keliling dan tetap, agar dapat berkembang  secara luas, karena itu kami memanfaatkan system yang  sudah berjalan untuk menjangkau konsumen dengan inovasi digital, sehingga bisa berjalan lebih efektif serta mampu membuat lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat banyuwangi. Fitur - fitur yang diinginkan Fitur yang diinginkan kedepannya untuk platform wlijo terbagi menjadi 3 yaitu : Fitur untuk konsumen Fitur pembukuan keuangan bagi wlijo F itur stok produk F itur pembayaran COD F itur informasi produk, manfaat dan cara penyimpanan F itur grade produk Tampilan Fitur Bagi Konsumen Fitur wishlist  F...